Jumat, 16 Juli 2010 0 komentar

Kita Bisa Seperti "DANONE GROUP"

Pabrik ‘ makanan sehat’ terbesar di dunia adalah danone group dari prancis. Mereka lahir 92 tahun yang lalu, oleh isaac carasco. Anaknya daniel carasco melanjutkannya. Produk awal mereka adalah yogurt, berpusat di barcelona, spanyol. Kemudian daniel carasco join dengan antoniien Riboud (1972). Saat ini Danone dipimpin oleh putra dari antonine Riboud, yaitu frank Riboud. Beliau lahir di lyon, Prancis 7 desember 1955. Saat ini danone group telah mengembangkan sayapnya di 47 negara antara lain juga di indonesia. Di bumi pertiwi ini danone group memproduksi air mineral merk Aqua, 6 miliar per tahun ( 14 pabrik tersebar di berbagai wilayah indonesia). Selain Aqua juga memproduksi minuman Mizone, Vit, Bebelac, Activa, dan Milkuat.

Karyawan dari group danone saat ini 13.000 orang. Indonesia merupakan negara yang sangat penting dan strategis bagi bisnis danone group.“Karena wilayah indonesia sangatlah cocok untuk pengembangan produksi danone group” kata Frank riboud. “Selain wilayahnya yaang menjamin, indonesia merupakan salah satu negara konsumen terbesar didunia”aku frank. ( padahal hanya satu dari 47 negara).

Konsentrasi Danone kepada tiga kelompok, semuanya baebasis makan/ minuman sehat. Pertama, berbagai macam susu. Kedua, nutrisi dan medis. Yang ketiga, air mineral. Dapatkah anda melihat apa yang tersirat didalam bisnis dari danone group ini? Mereka menekankan, betapa pentingnya kesehatan itu! Siapakah yang menentang hal itu? Tentu tidak ada ,kan? Lalu apa yang ikut menunjang tercapainya kesehatan?

Salah satu yang terbaik adalah menyiapkan makanan dan minuman sehat. Logis, kan? Sangat sederhana bukan? Tidak perlu teknologi yang luar biasa canggih dan kita tidak harus menyaipkan dana yang besarnya hingga bermiliaran dolar, untuk bisa memproduksi makanan dan minuman sehat. Kalau, danone group yang notabene berpusat di prancis, bisa mendapatkab 14 tempat wilayah pegunungan di indonesia ( dalam mengolah 6 miliar liter air per tahun). Kenapa ‘anak bangsa’ yang diberi kepercayaan oleh tuhan untuk mengelola bumi pertiwi ini, tidak bisa? Pasti bisa!

Lalu, apa yang membuat indonesia kurang berhasil? Paradigma (lama) lah yang salah! Jadi?. Pertama, merubah pardigma lama, yang bermental “cukup bahagia menjadi konsumen”, menjadi Paradigma baru, yaitu “ kami tidak bahagia, sebelum kami menjadi produsen!”. kedua, menjaga mutu. Yang patut di acungi jempol bagi danone group yang memproduksi air mineral ( termasuk di indonesia) adalah, mereka ikut menjaga hasil produk yang benar-benar higienis. Namun bukan hanya itu, mereka juga menjaga tanah sekitar sumber air yang diambil untuk produk mereka. Misalnya, jangan sampai pupuk kimia meresap masuk ke dalam tanah.

Bagi anak bangsa yang mewarisi bumi pertiwi ini, mari kita ikuti teladan dari mereka. Yaitu yang bisa memproduksi bahan makan ( atau apapun yang lainnya) dengan mutu, rasa, atau kualitas yang bisa bersaing dengan mereka. Dengan kata lain, miliki semangat juang yang amat tinggi, disertai upaya habis-habisan untuk merubah indonesia dari konsumen (saja), menjadi (juga) produsen yang handal. Lakukan segera, Sebelum kita sepenuhnya dijajah dalam bidang ekonomi, keuangan, dan perdagangan, oleh negara lain yang saat ini adalah raksasa-raksasa yang sedang goyah. Artinya, inilah timing yang bagus, momentum yang tepat untuk kita segera memulai perombakan besar-besaran.

No Response to "Kita Bisa Seperti "DANONE GROUP""

Posting Komentar